Apa itu Ekonomi Mikro? Berikut Pengertiannya

Mar 05,2019
Ekonomi mikro adalah salah satu teori ekonomi selain teori ekonomi makro. Karena namanya berarti mikro, yang berarti kecil, ekonomi mikro adalah ekonomi yang menjaga ekonomi kecil, misalnya di perusahaan, rumah tangga dan lain-lain. Teori mikroekonomi adalah teori yang mengeksplorasi perilaku konsumen dan bisnis serta menentukan harga pasar dan sejumlah faktor, termasuk faktor input, barang dan jasa. Diskusi tentang ekonomi mikro mencakup penggunaan sumber daya ekonomi untuk kehidupan dan perilaku manusia, serta perilaku produsen dan konsumen dalam berinteraksi dengan pasar. Ruang lingkup ekonomi mikro terbatas pada kegiatan ekonomi yang sempit dan spesifik.

Selain itu, ekonomi mikro juga mempelajari bagaimana perilaku atau perilaku berbagai pihak dalam usaha mikro dapat mempengaruhi permintaan dan penawaran produk dan layanan, yang menentukan harga dan bagaimana harga menentukan jumlah permintaan dan penawaran berikutnya.

Komponen ekonomi mikro1. Interaksi di pasar komoditasKomponen pertama, yang menjadi pembahasan ekonomi mikro, adalah aktivitas atau aktivitas yang berlangsung di pasar barang. Pada prinsipnya, dari sudut pandang ekonomi mikro, ekonomi sebenarnya terdiri dari kombinasi berbagai jenis pasar, termasuk pasar pedagang. Dengan demikian, model ekonomi dapat diidentifikasi dengan mempertimbangkan perilaku pasar barang.

Interaksi di pasar komoditas adalah negosiasi antara penjual (produsen) dan pembeli (konsumen) di pasar. Kegiatan ini secara tidak sadar dapat membentuk harga yang telah disepakati kedua belah pihak, perjanjian harga ini, yang dapat menghasilkan keseimbangan di pasar. Dengan teori ekonomi mikro ini, kita dapat mengidentifikasi dan menganalisis masalah dalam operasi pasar ini.

2. Perilaku operator ekonomi (penjual dan pembeli)
Komponen yang kurang penting adalah perilaku atau tindakan penjual dan pembeli. Perilaku penjual dan pembeli di pasar adalah salah satu bagian dari fokus penelitian ekonomi mikro. Semua tindakan yang dilakukan oleh produsen dan konsumen harus didasarkan pada tujuan yang ingin dicapai. Perilaku ekonomi mikro konsumen membahas bagaimana konsumen dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan penghasilan terbatas. Bagi produsen, fokus penelitian adalah bagaimana mereka mendapatkan manfaat terbesar. Ada beberapa asumsi yang dapat digunakan untuk menganalisis perilaku produsen dan konsumen yang ada, termasuk:

3. Produsen dan konsumen terlibat dalam kegiatan ekonomi yang masuk akal dan transparan.
Aktivitas produsen dan konsumen di pasar didasarkan pada tujuan yang ingin dicapai.
Konsumen berusaha untuk mendapatkan kepuasan maksimal serta produsen yang menginginkan manfaat paling besar.
Interaksi di pasar penulisPasar komoditas tidak hanya telah dibahas dalam ekonomi mikro tetapi juga di pasar penulisan. Fokus penelitian adalah interaksi antara penjual dan pembeli. Penelitian ekonomi mikro berfokus pada pasar faktor, karena ada faktor produksi di pasar ini yang perlu dilakukan produsen rumah tangga untuk melakukan operasi produksi. Faktor produksi meliputi sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal dan kewirausahaan. Faktor-faktor ini adalah rumah tangga konsumen. Rumah tangga konsumen mendapatkan penyedia layanan dari pasokan faktor-faktor ini, yaitu konsumen mendapatkan apa yang mereka inginkan. Ada juga keseimbangan di pasar faktor produksi karena negosiasi antara produsen dan konsumen.
Analisis ekonomi mikroPada dasarnya, ekonomi mikro adalah sistem terpadu yang mengeksplorasi aktivitas atau aktivitas individu, baik menjadi konsumen, produsen, dan pemilik produksi. Analisis ekonomi mikro dibagi menjadi tiga, termasuk:

Teori Harga
Tugas teori adalah untuk melihat interaksi antara penawaran dan permintaan produk antara barang dan jasa di pasar. Beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi ini, yaitu struktur pasar, fleksibilitas penawaran dan permintaan, dll.